RSS

TEKNIK TAEKWONDO

27 Feb

MATERI TEKNIK TAEKWONDO

TINGKAT SABUK/GEUP : PUTIH / X

Teknik Tangan : Kuda-kuda Apkoobi, Joosum Seogi

Tangkisan ( Makki )

- Arae Makki : Tangkisan ke arah bawah

- Momtong An Makki : Tangkisan ke arah perut dari luar ke dalam

- Momtong Bagkat Makki : Tangkisan ke arah perut dari dalam ke luar

- Eolgol Makki : Tangkisan ke arah kepala

- Batangson Arae Makki : Tangkisan ke arah bawah dengan telapak tangan

Pukulan ( Jireugi )

- Momtong Jireugi : Pukulan ke arah perut

- Eolgol Jireugi : Pukulan ke arah kepala

- Gabrion / Dobeon : Pukulan dua kali ke arah perut

- Sambion : Pukulan tiga kali ke arah kepala, leher, perut

Cekikan / Sodokan ( Chireugi )

- Ageum son keut chireugi : Cekikan ke arah leher

- Gawison keut chireugi : Sodokan ke arah mata dengan dua jari

- Ape son keut chireugi : Sodokan ke arah leher dengan ujung jari

- Pionson keut chireugi : Sodokan ke arah ulu hati dengan ujung jari

Sabetan ( Chigi )

- Sonal Mok Chigi : Sabetan ke arah leher/pelipis

Teknik Tendangan (Chagi)

- Momtong Ap Chagi : Tendangan lurus ke arah perut dengan Apchook

- Eolgol Ap Chagi : Tendangan lurus ke arah kepala dengan Apchook

- Noppi Ap Chagi : Tendangan melompat lurus dengan Apchook

- Dello / Ball Chagi : Tendangan mencangkul arah kepala

- Dollyo Chagi : Tendangan melingkar

TINGKAT SABUK : KUNING POLOS – KUNING STRIP GEUP : IX-VIII

Materi Teknik

Teknik Tangan :

- Doopalmok Makki : Tangkisan dua tangan kearah perut

- Dobeon Jireugi : Pukulan dua kali arah perut

- Sambion : Pukulan tiga kali arah kepala, leher, perut.

- Chiq Jireugi : Pukulan kearah dagu.

- Batangson momtong Makki : Tangkisan dengan telapak tangan kearah perut.

- Sonnal Momtong Makki : Tangkisan kearah perut dgn telapak tangan bentuk sonal.

- Hansonal Momtong Makki : Tangkisan tangan menyilang di dada, satu dikepal yang menangkis membentuk sonal.

- Momtong yeoup jireugi : Pukulan menyodok dari arah samping kearah perut.

Tendangan ( Chagi )

- Momtong Dollyo chagi : Tendangan melingkar kearah perut

- Eolgol Dollyo chagi : Tendangan melingkar kearah kepala

- Dwi Chagi : Tendangan balik menyodok kearah perut

- Yeoup chagi : Tendangan balik menyodok kepala dengan pisau kaki

- Yeoup Khurigi : Tendangan mengkait arah kepala

- Idan Dollyo chagi : Tendangan melingkar dengan kaki depan.

- Puti Chagi : Tendangan menampar dari luar kedalam

- Puti Chumagi : Tendangan menampar dari dalam keluar

TINGKAT SABUK : HIJAU – HIJAU STRIP GEUP : VII-VI

Materi Teknik

Teknik Tangan :

- Pionsonkeut sewo chirugi : Sodokan kearah perut dengan dibarengi tangkisan

- Dollyo Jireugi : Pukulan melingkar kearah pelipis

- Jibibem sonal mok chigi : Sabetan kearah kepala dibarengi dengan tangkisan

- Bagat Palmok Makki : Tangkisan dengan dua telapak tangan mengepal kerah perut.

Tendangan ( Chagi )

- Dolke chagi : Tendangan berputar 180 derajat, dengan punggung kaki

- Dwi yeoup chagi : Tendangan balik menyodok leher dengan pisau kaki

- Idan Yeoup chagi : Tendangan menyodok dengan kaki depan, membentuk pisau kaki kearah leher.

- Idan Yeoup Khurigi : Tendangan mengkait kearah kepala dengan menggunakan telapak kaki depan.

- Pekta Chagi : Tendangan kaki depan ditarik setengah menggunakan punggung kaki.

- Twio Dollyo Chagi : Tendangan melompat /slaiding ditempat / kebelakang

- Mad badad chagi : Tendangan melompat / slaiding kesamping

- Ball Badad : Tendangan mendorong dengan seluruh bagian telapak kaki

TINGKAT SABUK : BIRU – BIRU STRIP GEUP : V-IV

Materi Teknik

Teknik Tangan :

- Jibibeum Sonnal mok chigi : Sabetan dan tangkisan secara bersamaan arah kepala telapak terbuka.

- Jibibeum Theok chigi : Sodokan arah dagu dan tangkisan secara bersamaan kearah kepala telapak tangan terbuka.

- Palkop piojok chigi : Serangan menggunakan sikut dengan satu tangan sementara tangan lain meraih kepala.

- Dollyo palkop : Serangan melingkar dengan menggunakan sikut.

- Yeoup Palkop : Serangan menyodok dengan menggunakan sikut.

- Dwi Palkop : Serangan dari arah bawah dengan menggunakan sikut.

- Ollio Palkop : Serangan balik kearah belakang dengan menggunakan sikut.

Tendangan ( Chagi ) :

- Twio Dwi Chagi : Tendangan lompat ditempat berbalik kebelakang, menyodok kearah perut

- Dwi Khurigi : Tendangan berbalik mengkait dengan menggunakan telapak kaki.

- Narae chagi : Tendangan dengan menggunakan punggung kaki secara langsung 2 kali atau lebih.

- Idan Ap Khurigi : Tendangan mengkait arah depan/muka dengan telapak kaki.

- Idan Palko Dwi Chagi : Tendangan lompat sejajar kaki depan diangkat dan kaki belakang menendang balik dengan tumit kaki.

- Noppi Dwi Chagi : Tendangan kaki belakang laiding diangkat ke depan sedangkan kaki depan balik menendang dengan tumit kaki.

- Noppi Dwi Khurigi : Sama dengan Noppi Dwi Chagi namun menendangnya dengan telapak kaki secara mengkait.

 

Dedicated for my Sabeum Alm. JUMADI (GEINTA CLUB-TNG FOUNDER)

About these ads
 
54 Comments

Posted by on February 27, 2007 in Sport

 

54 responses to “TEKNIK TAEKWONDO

  1. cOsTa

    June 28, 2007 at 2:35 pm

    gw costa, jujur gw suka bngt sama yang namanya bela diri yang satu ini… wuih.. pokokna keren abiz dech… gw salut sama yang bikin tulisannya, jdnya kan klo mo belajar g perlu nyari bukunya, dari sini juga kita udah bisa,iya kan??
    thankz bngt berkat tulisan ini gw tertolong buat ikut kenaikan sabuk besok… hehehe
    Doakan ya….!!!!

     
  2. rosyid

    July 24, 2007 at 3:55 am

    thanks dengan adanya tulisan ini bisa sangat membantu sekali….

     
  3. meister

    August 8, 2007 at 2:06 pm

    mo nanya sabeum, kalo Geup III-I materinya apaan yak??

     
  4. neo

    August 21, 2007 at 4:27 pm

    saya lagi nyari pomse untuk merak k atas….tolong yaakkk d tulisin…mksh byk untuk yg bkin ini

     
  5. neo

    August 21, 2007 at 4:31 pm

    ohhh yaa skalian tolong step2-nya yaa…klo bisa ksh gambarnya juga…thanks

     
  6. Hvied

    October 7, 2007 at 1:18 pm

    Makaci byk,. Tulisan ini bikin gw makin smgt ltian,.

     
  7. prisbianto

    November 2, 2007 at 4:42 am

    hidup taekwondo indonesia……….!!!!!!

     
  8. Nimas

    January 21, 2008 at 12:11 pm

    ni gw Lgi bngung bnget coz dlam blan nie gw bklan kenaikan sabuk..tpi gw seneng coz gw ikut bla diri semacam teakwondo coalnya ujiannya gak terlalu brat seh….

     
  9. Sutikno

    February 25, 2008 at 1:18 pm

    Bagaimana dengan gambar-gambar untuk teknik tendangan dan pukulan, gimana kalo didisplay sekali..kan bagus

     
  10. Rio_cybe

    March 1, 2008 at 3:10 am

    Thank banget ya temen2 taekwondoin dari geinta,….

    makasih banget nh catetan tehnik’x
    mudah2an lebih berkembang lagi……….amien…

    oy…qt sama2 dr tangerang kok……SPORTTA….

    -THANK’S A LOT-

     
  11. mahmud

    March 18, 2008 at 1:02 pm

    assalamu’alaikum,
    menarik sekali artikel Anda. saya sangat senang jika anda berkenan memberikan contoh2 gambarnya juga. Bisakah saya mendapat ebook tentang taekwondo ?? adakah link ke website lain tentang taekwondo untuk menambah pengetahuan saya ??

    Demikian terima kasih
    wassalam
    mahmud

     
  12. eko

    April 2, 2008 at 8:53 am

    alooo
    salam taekwondo

     
  13. Riky Reinaldo

    August 7, 2008 at 1:14 am

    Oh begitu ya materinya. Tapi untuk sabuk merah lalu hitam, apa saja yang dipelajari. Terima kasih.

     
  14. DWI NOVIANTO

    August 19, 2008 at 1:18 am

    SAYA INGIN TAEKWON DO LEBIH BAIK MASALAH TENDANGANYA……………………….@

     
  15. sabem Sabar Imam Kebumen

    August 26, 2008 at 1:27 pm

    bersemangatlah latihan taekwondo, untuk bela diri prestasi dan olahraga !
    pokoknya Sip Lah !!!!!!!!!!!! Lanjut truZZZZ

     
  16. ZXV

    September 30, 2008 at 8:38 am

    :mrgreen: :P :D TAEKWONDO Cara ngeLenturin Kaki Gimana…..cara Latihannya!! 8-)

     
  17. deden

    October 7, 2008 at 9:48 am

    thannnnnks,atas verifikasi nya.sya jadi makin tau teknik2 yg lain dlm bela diri ini…………….

     
  18. deden

    October 7, 2008 at 9:50 am

    thannnnks,
    atas artikel nya yg buat sya jd lebih bnyk tau tgg teknik2 bela diri ini…….

     
  19. akmal

    October 18, 2008 at 9:22 am

    thank’s bnt dlm bljr teknik poomse/taeguk

     
  20. Widhi Nugroho

    January 21, 2009 at 9:42 am

    Mohon informasinya jika ada yang tahu keberadaan taekwondo di seputar Cikarang, mau nglanjutin nih…

    Thank’s
    Gup7 (surakarta)

     
  21. Noviandi

    January 27, 2009 at 5:58 am

    gw seneng sekali dengan kemajuan taekwondo indonesia

     
  22. devyex

    January 31, 2009 at 7:13 am

    setelh baca semua, jadi mudah nanti mempelajari teknik” buat ujian taekkwondo nant.
    makasih. . . . agar lebih mudah lagi kasih Gambr”y.
    salam taekwondo. . . .

     
  23. wmustikarini

    February 13, 2009 at 3:44 am

    Hebat!!!
    Aku jadi bis belajar tae kwondo lebih bagus!!!

     
  24. farah

    March 1, 2009 at 2:27 am

    very good !!
    excellent !!

     
  25. anshor

    March 10, 2009 at 11:21 pm

    assalamu’alaikum
    lho kenapa kok cm ampe’ sabuk biru??
    sebenernya aku pengen materi ampe’ hitam, coz aku dah sabuk merah tp dah 3tahun gak pernah latihan sO bnyak materi yang lupa. tolong klo bisa aku dikirimi via email meteri taekwondo ampe’ sabuk hitam.

     
  26. kurniamayasari

    March 26, 2009 at 7:02 am

    saya pengen tau smua tentang bagaimana cara pertahanan tae kwon do,,cosx saya sering kalah dlm tiap kali sparing dg atlit lainx.

     
  27. ardi

    April 14, 2009 at 7:13 am

    aku bingung soalnya gax ada gambarnya, aku punya saran gimana kalau dikasih gambar kan lebih seru dan yang baca jadi lebih paham,,,,,,,

     
  28. Kissa

    April 18, 2009 at 3:01 am

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
    Ok…….
    Syukran Jiddan yang dh buat ini,,,,

    1. Jdi lebih tahu&paham,
    2. Bisa belajar secara mandiri…………

    Yo0,,,,,Insya Allah Mjdi Masternya Impian Saya
    Syukran jazakallahu khairan katsira!!!!!!!!!!!!
    wassalamu’alaikum.Wr.Wb.

     
  29. Master YouChi

    April 26, 2009 at 1:29 pm

    hmmm.. kalian jg hrs tdk mnggunakan jurus yg diajarkan oleh guru kalian..
    tp kalian hrs mncoba mngkuti grakan musuh dan alam skitar utk membela diri atau bisa dibilang guru asli utk hal bela diri adalah musuh kalian dan alam skitar kita ^^..
    coba blajar dr musuh ya,, tp (penting!!), jika kalian berkelahi dgn musuh minta maaf lah kepada musuh kalian. Pasti masalah selesai (phis). skian dr Master YouChi.. thx

     
  30. Master YouChi

    April 26, 2009 at 1:31 pm

    kalian yg suka kung fu atau taekwondo bisa masuk grup di FS bg yg punya.
    ini email nya..
    wolves_crew@hotmail.com
    msk grup di Kungfu Generation..
    dan bg yg mw blajar bsa hubungi saya di FS
    (Love Martial Art ^^)

     
  31. barok

    June 28, 2009 at 12:07 pm

    bisa minta materi speed, fisik, & power.

    by illna clubs

     
  32. friska damayanti

    July 23, 2009 at 2:46 am

    ugh….keren bgt niey…artikel nya.ha,,,
    mksh yah,,,jd nya akku gak susah-susah agy dweh wat cari-cary info..

     
  33. jimmy

    August 12, 2009 at 10:28 am

    Salam Taekwondo…
    z bingung dgn tmn2 tkd d t4 z kr skrg mekera akan bw bendera kab.Luwu padahal mereka slama ini kl event antar mahasiswa slalu bw nm kota palopo skarg mereka berbelok k daerah kabupaten bkn di kota palopo lg… dan kota palopo jg tdk merspon kl mereka berbelot kr setahu z hrs ada recomen dr kota asal.. bs diblg mreka berkhianat.. bgm itu sabam…

     
  34. nuel

    September 7, 2009 at 1:12 pm

    Go taekwondo karo

     
  35. nuel

    September 7, 2009 at 1:22 pm

    thanks ea dh mw bgi” ilmu nya ma taekwondoin indonesia ……….

    gw nuel taekwondoin asal sumut lw bsa bgi” ilmu nya jgn tanggung” ea.thanks………..

    GO TAEKWONDO KARO

     
  36. nizam_clan

    September 15, 2009 at 12:35 pm

    woii ini bener2 hebat tapi ga` ada cara pemakaianx jadi enggak seru

     
  37. tri

    September 17, 2009 at 5:17 am

    ukh.
    W jatUh cnta bgt ne ma bela dri ne.
    Cz dri w ikt lathan d sni, w bz jd knal ma soMeoNe.
    N
    W kbAntU bgt.
    Cz w jd pnya reFrensi bwt lthan.
    Jd w gx oOn” bgt gthue. . .
    Hehehe

     
  38. itsna

    November 17, 2009 at 10:57 am

    hallllllllllllllllllllllllllllllllllo.nama gw itsna ak kirim salam buat taekwondo.semoga menang selalu dalam kejurnas internasional.

     
  39. hasani tkd kendari

    January 10, 2010 at 8:42 am

    aku salut dengan materi2nya skalian videonya ya…!

     
  40. cristian

    June 5, 2010 at 4:10 pm

    halo…….salam taekwondo

     
  41. john

    June 13, 2010 at 7:03 am

    Tq….
    Bgs bgt Artilkel.x…
    Sry…Ku pgn ngasih comment dikit….
    Klo bs tolong di kasih gambaran/foto….

    Tq y….
    HIDUP TAEKWONDO INDONESIA

     
  42. ikhsan alamsyah

    September 20, 2010 at 5:07 am

    saya pengen tau dilkeu kittan

     
  43. murhy

    October 6, 2010 at 10:52 am

    assalamualaikum, tulisannya sangat membantu sekali tapi klu bisa saran, tolong donk dibarengi dengan gambarnya biar tidak bingung..

     
  44. ezra

    October 8, 2010 at 5:41 am

    maju terus taekwondo indonesia

     
  45. nazar

    November 15, 2010 at 4:47 am

    taekwondo I LOVE U FULL…..

     
  46. ridho

    January 4, 2011 at 1:04 pm

    hidup taekwondo…………ku sngt ska beladiri ini

     
  47. giovania

    January 24, 2011 at 3:26 am

    Taekwon buat smwa atlit taekwondo indonesia

     
  48. Daditkd

    February 8, 2011 at 6:42 am

    Salam taekwon!
    Saya salut dan suka sm beladiri ini,semoga makin berkembang di seluruh dunia,khususnya taekwondo indonesia.

     
  49. kevin

    February 10, 2011 at 4:15 am

    Aku banyak belajar berkat materi ini.
    Thank ya………?? :)

     
  50. dzul

    February 25, 2011 at 2:38 am

    I LIKE IT!! BRAVO……!!!!!

     
  51. selvia

    March 11, 2011 at 4:53 am

    hy..
    qw baru di dunia taekwondo ! qw baru latihan bbrapa bln ini,,
    setiap di fight , qw blum brani !! bkn mslah liat sabuk lawan, tpi mental qw blum ada!
    buat kk yg udah pernah mengikuti lomba, tolong berikan qw saran biar qw bisa dalam taekwondo??

    terimakasih

     
  52. TAUFIK MONERS CLUB

    March 12, 2011 at 6:48 am

    hlooo semua ane nak taekwondo moners club sekarang ane udah dan 1 masih kelas 1 smp, semua taegeuk dah hapal trus habis taegeuk kan ada koreo ya truss apa lagi NUHUNNN NI JAWABB!!!!

     
  53. TAUFIK MONERS CLUB

    March 12, 2011 at 6:51 am

    Tempatnya di SD assyafiiyah jl raya jati waringin trus tanya aje tuhh mana sd asviee
    MURIDNYA SABEUM EDY YUSAN

     
  54. lutfi kurniawan

    July 19, 2011 at 9:40 am

    halo my bro..helen..ga nyangka kita bisa ketemu di sini…sukses buat artikel tae kwon do ini ya…ternyata you masih loyal juga ya ma sabeum jumadi alm.. sukses bro ya…:-)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: